Jasa
Contact Merezaditya88@gmail.com

Ketua Blogger Jakarta 2018 / 2019 Akhirnya Sudah Terpilih

Minggu 25 November 2018 kemarin adalah kali ketiga Saya ikut ambil bagian dalam musyawarah pemilihan ketua blogger Jakarta.

Bukannya mau mendramatisir, tapi jujur bahwa ketimbang dua event sebelumnya, hari Minggu itu adalah salah satu hari yang “emosional” bagi Saya.

Nggak terasa sudah 1 tahun Saya ada di kepengurusan Blogger Jakarta periode 2017/2018 pimpinan Mas Robit, tepatnya di divisi web optimization / SEO.

Ada dua hal yang membuat Saya sedih.

Pertama, Saya merasa belum optimal menjalankan tugas selama 1 tahun kemarin, bahkan bisa dibilang menomorduakan blogger Jakarta karena lebih mengutamakan karir di dunia per-SEO an.

Beberapa orang menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar. Karena di Blogger Jakarta kami semua (Pengurus) bekerja TANPA DIBAYAR.

Saya adalah seorang full time blogger dan internet marketer, yang dari dunia inilah Saya berikhtiar mengejar rezeki. Sangat make sense kalau Saya mengamankan dapur Saya dulu.

Tapi tetap saja ada perasaan bersalah di dalam hati.

Kedua, Saya sadar bahwa kedepannya akan sangat sulit untuk berkumpul bersama teman-teman pengurus lagi. Karena semuanya pasti sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Saya sampai di Reneo Coworking Space (Lokasi event) sekitar jam 10.00 WIB.

Acara kali ini memang dimulai sedikit lebih awal ketimbang tahun lalu.

Karena selain musyawarah pemilihan ketua, ada juga sharing session, yang merupakan program rutin bulanan blogger Jakarta.

Sharing session pagi itu membahas tentang cara meningkatkan nilai domain authority (DA) blog oleh Mas Irwin, yang memang punya pengetahuan lebih tentang domain dan page authority.

Mas Irwin
Mas Irwin in Action

Mayoritas member blogger Jakarta sudah sangat paham bahwa DA sering dijadikan tolok ukur brand untuk mengajak para blogger bekerja sama (Komersil).

Jadi acara sharing session kemarin cukup MELEDAK dan banyak member yang antusias mengikutinya. Termasuk Saya yang langsung duduk paling depan dengan pulpen dan buku catatan di tangan.

Sampai menjelang Zuhur, sharing session selesai dan para peserta puas dengan pemaparan Mas Irwin yang menurut Saya sangat jelas dan mudah (Kalau mau) dipraktekkan.

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Blogger Jakarta 2017/2018

Sebelum lanjut ke acara musyawarah pemilihan ketua blogger Jakarta, sesi berikutnya adalah pembacaan sekaligus pembahasan laporan pertanggungjawaban pengurus blogger Jakarta 2017/2018.

Overall, event, kegiatan, dan program kerja yang kami laksanakan selama 1 tahun di kepengurusan mendapat apresiasi dari para anggota yang hadir.

Tapi memang ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki dan mudah-mudahan bisa diselesaikan di kepengurusan sebelumnya. Aamiin.

Saya dan Mas Robit
Saya (Kanan) Mendapat Apresiasi Dari Mas Robit

Nggak cuma Saya, teman-teman pengurus yang lain juga mendapat apresiasi yang sama untuk kontribusinya selama 1 tahun kepengurusan.

Di akhir sesi pembahasan LPJ ini, kami tim pengurus menyempatkan diri untuk berfoto bersama, meskipun belum full team.

Minus 3 orang yang qodarullah tidak bisa hadir.

Ada Mas Dewangga yang rencananya berangkat dari Bengkulu – Jakarta di hari H, tapi pesawatnya delay.

Dan couple blogger Reny Wagia + Muchol Huda yang masih di kampung pasca lahiran Mbak Reny.

Tim Pengurus Blogger Jakarta 20172018

Foto Bersama Tim Pengurus 20172018

Detik-Detik Pengukuhan Ketua Blogger Jakarta 2018

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Musyawarah pemilihan ketua komunitas blogger Jakarta periode 2018/2019.

Ada 3 orang calon ketua yang qualified. Iman Ridwan Syah, Riski Saputra, dan Jarot Triguritno.

Ketiga calon ini sempat membuat kami bingung, karena dari segi attitude, kualitas, dan tentunya loyalitas, semuanya baik.

Tapi kami semua harus memilih.

Bukan siapa yang terbaik. Tapi siapa yang paling cocok untuk meneruskan tongkat kepemimpinan blogger Jakarta untuk 1 tahun ke depan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketiga calon ketua diminta menjelaskan visi misinya jika terpilih menjadi ketua blogger Jakarta yang baru.

Iman Ridwan Syah
Iman Ridwan Syah

Mas Iman diberikan kesempatan untuk tampil pertama kali, dan dia berhasil menjelaskan visi misinya dengan runut dan jelas.

Salah satunya adalah kerja sama dengan pihak kominfo.

Riski Saputra
Riski Saputra

Berikutnya ada Mas Riski Saputra. Beliau punya program yang sangat terFOKUS, yakni tentang cara jitu monetizing blogger Jakarta.

Jarot Triguritno
Jarot Triguritno

Terakhir ada Mas Jarot, yang menyoroti tentang brand blogger Jakarta yang sebenarnya sangat “Menjual” dan bisa dioptimalkan lebih baik lagi.

Setelah semua calon selesai menyampaikan visi misinya, kami mengajak mereka bertiga untuk keluar sejenak, agar kami semua bisa bermusyawarah memilih ketua blogger Jakarta periode selanjutnya.

Kurang lebih sekitar 30 sampai 60 menit waktu yang kami butuhkan.

Setelah berdiskusi panjang lebar dan tentunya ada perbedaan pendapat sana sini, kami pun berhasil dan sepakat memilih satu nama.

Detik-detik Pengumuman Ketua Blogger Jakarta 2018
Detik-detik Pengumuman Ketua Blogger Jakarta Periode 2018/2019

Akhirnya, musyawarah yang saat itu dipimpin Mas Ichsan (Ketua periode 2016/2017) menghasilkan keputusan bahwa posisi ketua blogger Jakarta periode 2018/2019 dipercayakan kepada Mas Jarot Triguritno!

Jarot Terpilih Sebagai Ketua Blogger Jakarta 2018
Mas Jarot Terpilih Sebagai Ketua Blogger Jakarta Periode 2018/2019

Satu hal yang membuat kami percaya pada Mas Jarot adalah kondisi internal blogger Jakarta yang masih butuh banyak perhatian.

Usia komunitas blogger Jakarta masih sangat muda. Belum genap 5 tahun. “Belum masuk TK.”

Layaknya anak TK, pastinya harus belajar hal-hal mendasar dulu sebelum lanjut ke SD, SMP, SMA, hingga Universitas.

Ini yang membuat kami mempercayakan posisi sentral ini ke Mas Jarot, karena dia sudah 2 kali mengisi posisi wakil ketua.

Jadi kami yakin kalau dia lebih paham tentang seluk beluk internal komunitas.

Untuk Mas Iman dan Mas Riski. Percayalah, kalian berdua tidak terpilih bukan karena kami menganggap kalian tidak berkualitas.

Tapi justru kami semua melihat bahwa kalian berpotensi menjadi pemimpin masa depan blogger Jakarta. Saat kita semua sudah siap untuk terbang lebih tinggi.

Untuk Mas Jarot, jangan jadikan jabatan ketua ini sebagai beban. Tapi jadikanlah sebagai ajang pembelajaran dan pengembangan diri.

Kami semua ada di belakangmu. Siap membantu dan mensupport semua program kerja yang kamu rencanakan.

We believe in you brother! Selamat berTUGAS.

Ketua Blogger Jakarta 2018

Image documentation by Digitalic & Eightsun Project

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *