Manfaat Blog Di Era Digital Yang Semakin Berkembang

Manfaat Blog

Manfaat blog itu banyak. Bahkan sangat banyak kalau hanya dilihat secara umum.

Blog bisa digunakan untuk hal-hal yang ringan seperti media curhat, hingga hal-hal yang sedikit berat seperti sharing tips dan informasi tentang topik tertentu (Niche blog).

Artikel yang Saya tulis ini membahas tentang manfaat blog di era digital yang sekarang ini semakin berkembang.

Tujuannya:

Teman-teman yang membaca tulisan ini tertarik untuk mulai ngeblog. Dan kalau sudah punya blog, teman-teman bersedia meluangkan waktu untuk mengelola blognya sebaik mungkin.

Ringkasnya, Saya ingin agar teman-teman yang membaca tulisan ini semakin mantap untuk menjadi blogger. Mau full time atau part time blogger, terserah.

Yang penting teman-teman bisa meluangkan waktu untuk mengelola blognya dengan serius. Itu saja.

7 Manfaat Blog Di Era Digital

Seperti yang sudah Saya singgung di atas, manfaat blog itu ada banyak. Dan di tulisan ini Saya sudah mengerucutkannya menjadi 7 poin saja.

#1. Berbagi Informasi / Pengetahuan Melalui Tulisan

Misalnya teman-teman tertarik pada topik tertentu, atau bahkan menguasainya. Dan teman-teman juga ingin agar banyak orang tahu tentang topik tersebut.

Nah, solusinya, teman-teman bisa menggunakan blog untuk berbagi tentang informasi tersebut, lalu mempromosikannya di media sosial, media chat, atau email.

Kenapa harus di blog? Kan bisa di media sosial.

Teman-teman mungkin sudah tahu kalau menulis konten di media sosial itu sangat terbatas. Di sana tidak ada tempat untuk menggabungkan gambar, video, dan teks.

Pokoknya serba terbatas.

Ini yang membuat banyak orang suka membaca blog. Apalagi kalau konten di blog tersebut lengkap dan bisa dipercaya (Ada data dan fakta).

#2. Mengasah Skill / Kreativitas Menulis

Blogger itu identik dengan menulis.

Jadi kalau teman-teman sudah jadi blogger, skill dan kreativitas menulis teman-teman akan lebih terasah.

Untuk tahap awal, teman-teman mungkin belum bisa merasakannya. Tapi kalau sudah fokus dan konsisten menulis di blog, insyaAllah gaya dan teknik menulis teman-teman akan semakin baik.

Para blogger sukses biasanya memiliki gaya tulisan yang unik dan otentik.

#3. Tempat Berkreasi Dan Mengaktualisasikan Diri

Kalau teman-teman punya ide, gagasan, atau apapun itu sepanjang bersifat positif, teman-teman juga bisa menggunakan blog untuk berkreasi.

Sepanjang tulisan tersebut bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan, InsyaAllah akan berguna bagi banyak orang. Apalagi kalau dipromosikan dengan baik.

Karena sebagus apapun konten di blog teman-teman kalau tidak dipromosikan, orang-orang tidak akan tahu tentang keberadaan konten tersebut.

#4. Memiliki Banyak Teman Dan Koneksi Sevibrasi

Di dunia blogging ada istilah blogwalking atau blog commenting.

Ringkasnya:

Seorang blogger berkunjung ke blog orang lain, membaca tulisannya, lalu memberikan tanggapan / komentar terhadap tulisan tersebut.

Aktivitas ini awalnya terjadi secara online. Tapi biasanya, akan ada sesi kopdar, sehingga para blogger bisa saling mengenal satu sama lain.

Manfaatnya:

Teman-teman bisa saling kenal dengan orang-orang yang punya minat dan ketertarikan yang sama (Blogging).  Percaya atau tidak, ini bisa meningkatkan skill blogging teman-teman.

#5. Bisa Dijadikan Sebagai Pekerjaan (Blogger)

Posisi blogger saat ini sudah disejajarkan dengan wartawan dan rekan-rekan media. Buktinya, setiap ada launching produk atau jasa tertentu, para blogger biasanya ikut diundang.

Tugasnya?

Mereka diminta untuk menulis di blognya masing-masing, dan tentu saja akan menerima fee. Berapa fee nya? Jangan tanya dulu. Ngeblog aja dulu 😀

#6. Meningkatkan Wawasan Dan Minat Membaca

Kalau teman-teman sudah memutuskan untuk menjadi blogger, mau tak mau teman-teman harus meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Khususnya tentang topik di blog teman-teman.

Salah satu cara yang bisa teman-teman lakukan untuk meningkatkan wawasan adalah dengan membaca. Karena apa yang teman-teman baca berpengaruh pada gaya menulis teman-teman.

#7. Membangun dan Mempromosikan Bisnis

Sudah bukan rahasia umum kalau blog bisa digunakan untuk mempromosikan dan menjual produk, atau menghasilkan uang (Bisnis).

Ada banyak layanan dan jasa pembuatan website yang merekomendasikan para kliennya untuk mengoptimalkan blog sebagai pintu belakang masuknya calon pembeli.

Misalnya, jika teman-teman memiliki bisnis fashion, blog tersebut bisa digunakan untuk mempublikasikan konten seputar fashion.

Kalau kontennya berkualitas, selanjutnya teman-teman bisa mengarahkan para pembaca untuk membeli produk yang teman-teman miliki.

Ringkasnya, blog bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis.

Kalaupun teman-teman baru ingin memulai bisnis, teman-teman juga bisa mengoptimalkan blog untuk membangun bisnis dari nol.

Caranya:

Teman-teman bisa memilih topik blog yang sesuai dengan bisnis teman-teman, lalu rajin menulis konten berkualitas di blog tersebut.

Sampai kapan?

Sampai para pembaca sadar dan mengakui kalau teman-teman memang menguasai topik tersebut, sehingga mereka percaya pada teman-teman.

Dengan mengerjakan langkah-langkah di atas, tanpa disadari, teman sudah membangun networking dan memiliki banyak calon pembeli potensial.

Hasil dari cara ini memang tidak sebentar. Bisa 6 bulan atau bahkan 1 tahun. Tapi hal ini wajar karena teman-teman sedang membangun bisnis dari nol.

Kesimpulan

Kalau teman-teman berharap cepat kaya dari ngeblog, sebaiknya jangan ngeblog.

Tapi kalau teman-teman mau fokus menulis konten bermanfaat di blog dan siap menjalani prosesnya, InsyaAllah hasilnya tidak akan mengecewakan.

Jadilah blogger bermartabat dengan menyebarkan konten bermanfaat! Siap?

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *