Contact Merezaditya88@gmail.com

Manfaat SEO Untuk Blog Berdasarkan Cara Kerjanya

Setelah membeli nama domain dan memiliki blog, bisa dipastikan kalau hampir semua blogger yang ngeblog untuk menghasilkan uang pasti menginginkan blognya punya banyak pengunjung.

Karena banyaknya jumlah pengunjung (Traffic) merupakan syarat utama untuk melakukan monetisasi atau menghasilkan uang dari ngeblog.

Salah satu cara mendatangkan banyak pengunjung ke blog adalah dengan menggunakan teknik SEO, yang merupakan akronim dari Search Engine Optimization, atau optimasi mesin pencari (Google).

Selain bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog, SEO juga memiliki banyak manfaat untuk mempromosikan blog teman-teman.

Di tulisan kali ini Saya akan share tentang benefit atau manfaat SEO untuk blog. Mari simak penjabaran berikut ini.

5 Manfaat SEO Untuk Blog

Manfaat SEO Untuk Blog

#1. Peringkat 1 Google

Halaman 1 google. Titik!

Inilah salah tujuan menggunakan metode pemasaran online seperti SEO. Karena ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan kalau blog teman-teman berhasil muncul di page 1 google.

Salah satunya adalah mendapatkan tambahan atau bahkan ledakan pengunjung. Semua blogger pasti senang kalau blognya punya trafik yang melimpah.

#2. Mendapat Pengunjung Tertarget

Ini berhubungan erat dengan cara kerja SEO itu sendiri. Saya akan coba jelaskan secara singkat.

Misalnya teman-teman punya artikel tentang tips traveling murah. Dan ternyata topik tersebut sangat banyak yang mencari di google (FYI, teman-teman bisa menggunakan ubersuggest).

Setelah selesai menulis, mempublikasikan, dan mempromosikan artikel tersebut, ternyata berhasil muncul di halaman 1 google, bahkan 5 besar.

Dampaknya, artikel tersebut dikunjungi banyak orang dan trafik blog teman-teman melonjak seketika.

Ini yang disebut dengan pengunjung tertarget. Dimana mereka yang datang ke blog teman-teman melalui google, adalah orang-orang yang memang membutuhkan topik yang ada di blog teman-teman.

#3. Mendapat Pengunjung Baru

Manfaat SEO lainnya, blog teman-teman bisa mendapatkan banyak pengunjung baru setiap harinya. Karena seperti yang kita tau, pengguna google di Indonesia itu sangat banyak.

Kebanyakan dari mereka selalu googling terlebih dahulu jika ingin mencari informasi tertentu.

Bayangkan jika blog teman-teman bisa menjawab dan bahkan memberikan solusi atau jawaban dari apa yang mereka tanyakan. Syaratnya tentu saja blog teman-teman harus muncul di halaman 1 google.

Karena sebagian besar pengguna google hanya akan mengklik/mengunjungi website/blog yang ada di halaman 1 google.

#4. Mendapat Pengunjung Setia

Poin yang keempat ini lebih kepada kualitas konten yang ada di blog teman-teman.

Kalau konten yang ada di blog teman-teman berkualitas, para pengunjung akan sangat senang dan mereka akan berkunjung lagi ke blog teman-teman.

Bahkan terkadang mereka secara sukarela men-share artikel di blog teman-teman ke sosial medianya. Inilah yang namanya pengunjung setia.

#5. Meningkatkan Brand Awareness

Sama seperti bisnis, blog itu juga butuh yang namanya branding.

Dan kalau blog teman-teman menggunakan teknik SEO, ini bisa dikatakan juga sebagai branding, khususnya di ranah digital.

Ringkasnya, kalau blog teman-teman sering muncul di halaman 1 google, dan ketika dikunjungi memiliki konten berkualitas serta ciri khas tertentu, maka akan semakin banyak orang yang berkunjung.

Dari sini bisa disimpulkan kalau branding blog teman-teman sudah berhasil, sehingga tinggal mempertahankan dan atau meningkatkan kualitasnya saja.

Itulah benefit SEO untuk blog yang harus teman-teman ketahui. Dan kalau boleh jujur, teman-teman sebenarnya tidak perlu menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi blog teman-teman.

Karena SEO untuk blog bisa teman-teman kerjakan seorang diri. Asalkan mau belajar dan konsisten mempraktekannya, serta terus update dengan informasi SEO terbaru.

Sekian artikel tentang manfaat SEO untuk blog ini, dan semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *