Tips Menjaga Kehamilan Agar Janin Sehat dan Normal

Tips Menjaga Kehamilan Untuk Calon Orangtua

Setelah menikah dan membina rumah tangga, moment penting lainnya yang paling ditunggu – tunggu oleh pasangan suami istri adalah memiliki keturunan.

Karena keturunan inilah yang nantinya menjadi tabungan akhirat orangtua, melalui doa – doa yang mereka panjatkan kepada sang pencipta.

Selain itu, mereka juga bisa menjadi kebanggan keluarga karena prestasi dan pencapaian yang berhasil diraihnya di masa depan kelak.

Maka dari itu sangat wajar kalau di masa – masa kehamilan, para orangtua, khususnya ibu cenderung sangat protect terhadap calon buah hatinya.

Tujuannya tentu saja agar sang buah hati bisa lahir dalam keadaan sehat.

Nah, di artikel berikut ini, kami telah berhasil merangkum dari berbagai sumber terpercaya, terkait beberapa tips menjaga kehamilan agar janin sehat dan normal.

Let’s check this out!

4 Tips Menjaga Kehamilan Untuk Calon Orangtua

Tips Menjaga Kehamilan Agar Janin Sehat

1 – Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat di sini mencakup memenuhi asupan makanan bergizi cukup, dan mengurangi berbagai kebiasaan buruk.

Makanan sehat dan bergizi cukup ini seperti daging tanpa lemak, ikan salmon, telur, sayuran hijau, buah – buahan yang mengandung vitamin C, dan makanan berbahan dasar gandum.

Sedangkan untuk kebiasaan buruknya, Anda harus menghindari merokok ketika hamil, karena hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran, dan menyebabkan bayi lahir prematur.

Selain itu batasi juga mengkonsumsi terlalu banyak kafein, makanan – makanan yang digoreng dan memiliki rasa pedas, serta mengandung soda.

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, kurang lebih sebanyak 8 – 10 gelas per hari. Karena hal ini bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Terakhir, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin.

Menurut Healthline, Anda bisa melakukan olahraga ringan secara teratur, namun sesuaikan dengan kondisi kesehatan masing – masing.

2 – Penuhi Kebutuhan Istirahat

Tidak sedikit orang yang mengaku mengalami gangguan bahkan susah tidur di malam hari, ketika menjalani masa – masa kehamilan.

Hal ini diakibatkan karena kurangnya waktu istirahat.

Menurut National Sleep Foundation, ketika menjalani masa – masa kehamilan di 3 bulan pertama, Anda sebaiknya memenuhi waktu istirahat yang cukup.

Dengan demikian, kesehatan Anda (Termasuk emosi) dan calon buah hati tetap dalam kondisi yang baik.

3 – Mengoptimalkan Penggunaan Kalkulator Kehamilan

Tips menjaga kehamilan berikutnya adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan.

Sekedar informasi, kalkulator kehamilan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari bisa memperkirakan berat janin, hari kelahiran, usia kehamilan, dan kenaikan berat badan.

Dari hasil menggunakan kalkulator kehamilan ini, Anda tentunya bisa melakukan berbagai persiapan dalam menjaga kehamilan.

Walaupun hasil perhitungannya tidak akurat 100%, paling tidak Anda bisa mendapatkan estimasi waktu bukan?

4 – Memeriksakan Diri Secara Rutin Ke Dokter Kandungan

Terakhir dan juga sangat penting, Anda sebaiknya memerikasakan diri secara rutin ke dokter kandungan.

Karena bagaimanapun, dokter kandungan bisa memberikan saran, tips, dan treatment yang sesuai untuk Anda dan calon buah hati.

Apalagi kalau Anda merasakan ada masalah (Walau sedikit) pada kehamilan Anda, sebaiknya tingkatkan frekuensi kunjungan ke dokter kandungan.

Kabar baiknya, di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda bisa berkonsultasi seputar kehamilan tanpa harus ke luar rumah, karena ada cara yang lebih mudah.

Yakni dengan menggunakan aplikasi halodoc.

Halodoc merupakan solusi kesehatan terlengkap, dimana Anda bisa chat dengan dokter terpercaya, membeli obat secara online, cek lab, dan update informasi seputar kesehatan!

Di aplikasi halodoc, ada ratusan dokter terpercaya yang siap membantu Anda. Cara ini tentunya lebih praktis dan sangat membantu menjaga kondisi kehamilan Anda.

Kesimpulan

Meskipun tidak mudah, sebaiknya jalani kehamilan dengan hati dan pikiran yang tenang, supaya kondisi kesehatan Anda dan calon buah hati tetap terjaga.

Karena berdasarkan pengalaman banyak orang, tidak semua ibu hamil bisa mengendalikan emosinya ketika menjalani masa – masa kehamilan.

Baik itu emosi postif (Terlalu senang) maupun emosi negatif (Terlalu resah dan gelisah).

Kalau memungkinkan, Anda bisa berlibur sekaligus refreshing ke lokasi yang masih terjangkau, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Intinya, Anda harus sebisa mungkin menikmati proses kehamilan tersebut. Sama seperti nantinya Anda akan menikmati proses membesarkan anak – anak bersama suami tercinta.

Tapi jika Anda merasakan adanya perubahan – perubahan emosi di dalam diri, jangan ragu untuk berdialog dengan suami, dokter kandungan, atau bahkan psikolog.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *